Jumat, 03 Maret 2017

Jenis Bunga yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Biasanya bunga dipakai untuk menghias ruangan dan memberi kesan segar, tapi ternyata tersimpan manfaat bunga yang lain yaitu manfaat untuk kesehatan. Memang tidak semua jenis bunga bisa diambil manfaatnya untuk kesehatan, paling tidak beberapa jenis bunga berikut ini menyimpan kandungan yang luar biasa untuk membantu meredakan berbagai masalah dalam tubuh kita. Berikut ini beberapa jenis bunga yang bermanfaat pada kesehatan.

1. Bunga Chrysanthemum / Bunga Krisan
Bunga krisan cukup populer di negara Jepang dan Korea, karena disana bunga dijadikan suatu hidangan. Bahkan di Jepang, bunga krisan ini diubah menjadi makanan dengan dicampur tepung tempura dan digoreng. Sedangkan di Korea, bunga mentah ini biasa dicampurkan dalam makanan untuk dikonsumsi secara langsung.
Khasiat bunga ini yaitu memperlancar proses pencernaan termasuk sistem pembuangannya. Selain itu, bunga krisan juga membantu mencegah terjadinya gangguan pada usus kita. Nah, untuk Anda yang sering merasakan gangguan pada proses pencernaan, jika Anda mau, diusahakan untuk mengkonsumsi bunga krisan ini. Efek penyembuhan secara alami memang tidak dapat langsung dilihat hasilnya, namun dengan melakukannya secara rutin, dampak positif untuk tubuh akan terasa dalam jangka panjang.

2. Bunga Frambozen / Bunga Rosella
Dulunya bunga frambozen atau rosella dipakai sebagai bahan pembuat sirup yang beraroma khas. Saat ini, bunga rosella digunakan sebagai bahan pembuat minuman teh yang disebut teh rosella. Kelopak bunga rosella berwarna merah tua, tebal, dan berair. Bahkan semakin pekat warna kelopaknya, semakin asam pula rasanya, sekaligus semakin tinggi khasiatnya untuk kesehatan.
Bunga rosella mempunyai kadar anti oksidan tinggi. Sebagai salah satu bunga yang bermanfaat untuk kesehatan, bunga rosella dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, kerusakan ginjal, jantung koroner, sampai kanker.

3. Bunga mawar
Ternyata bunga mawar yang cantik ini mempunyai kandungan vitamin C yang tidak kalah tingginya dengan buah jeruk. Oleh karena itu, kelopak mawar biasa diubah menjadi selai, sirup, atau campuran olahan makanan yang lain. Sari mawar juga digunakan untuk dijadikan anggur, saus salad, penambah rasa, dan pewarna adonan kue dan pudding.
Khasiat bunga mawar untuk kesehatan yaitu sebagai anti radang, melancarkan aliran empedu, dan anti kejang. Selain itu, untuk wanita yang merasakan siklus haid tidak teratur, bunga mawar ternyata juga bermanfaat untuk mengatur siklus haid Anda.

Demikian beberapa jenis bunga yang bermanfaat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar