Jumat, 03 Maret 2017

Fakta Menarik Tentang Bunga Tulip


Rangkaian bunga tulip adalah salah satu rangkaian bunga favorit banyak orang. Selain mempunyai bentuk yang khas, bunga tulip juga mempunyai banyak makna menurut warna bunganya. Secara keseluruhan, bunga tulip berarti persahabatan dan kebahagiaan. Jadi, jika Anda mengantarkan bunga tulip untuk teman atau keluarga, berarti Anda mengantarkan pesan persahabatan. Tapi, ternyata dibalik keindahannya, bunga tulip menyimpan fakta menarik yang mungkin belum anda ketahui. Berikut ini fakta menarik tentang bunga tulip yang harus anda ketahui.

1.       Bunga tulip dikenal sebagai bunga nasional negara Belanda. Tapi, ternyata bunga tulip sebenarnya berasal dari Asia Tengah yaitu negara Turki. Tulip tumbuh subur di Asia Tengah tepatnya di area pegunungan Pamir, Hindu Kush, dan stepa di Kazakhstan.
2.       Tidak selalu bunga nasional negara Belanda, tulip juga merupakan bunga nasional negara Iran dan Turki.
3.       Nama tulip berasal dari bahasa Persia yaitu delband, yang artinya turban. Hal ini karena bentuk mahkota bunganya mirip dengan turban. Bunga tulip sendiri awalnya adalah bunga liar di daratan Asia Tengah, kemudian mulai dibudidayakan oleh Turki sekitar tahun 1000 Masehi. Masyarakat Turki menyebut bunga tulip dengan sebutan lale atau lili.
4.       Bunga tulip mulai diperkenalkan di benua Eropa pada tahun 1554 Masehi, melalui hadiah dari Ottoman Empire.
5.       Bunga tulip dikenal di Belanda pada tahun 1594, saat seorang ahli botani yang mempunyai nama Carolus Clusius mendapatkan hadiah berupa beberapa potong umbi-umbian tulip oleh utusan besar Konstantinopel yakni Oghier Ghislain de Busbecq.
6.       Tahun 1600, bunga tulip sempat menjadi bunga yang paling banyak dicari di Belanda.
7.       Pada tahun 1696, popularitas bunga tulip semakin meningkat, sampai menjadi barang keempat terbanyak yang diekspor oleh Belanda.
8.       Bunga tulip pernah menjadi bunga termahal di dunia, harganya pun sama dengan rumah mewah.
9.       Saat ini ada sekitar 3000 jenis bunga tulip di seluruh dunia dengan 14 kelompok nama.
10.   Ada beberapa bunga tulip yang memiliki bau seperti namanya, misalnya apricot beauty yang beraroma seperti buah apricot.
11.   Bunga tulip baru dikenal di negara Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an.
12.   Bunga tulip ternyata bisa dimakan. Bunga tulip sering dijadikan campuran dalam salad atau makanan penutup.

Itulah beberapa fakta menarik tentang bunga tulip yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar